Minggu, 21 Februari 2010

Peluang Membuka Usaha Sampingan

Apakah anda sudah bekerja?? Apakah gaji anda cukup untuk memenuhi semua kebutuhan anda?? Atau anda ingin menambah penghasilan anda dengan memiliki bisnis sampingan??

Disini saya sedikit memberikan informasi dalam membuka bisnis sampingan dengan modal yang tidak terlalu besar, tetapi memiliki penghasilan yang cukup besar.

Counter pulsa

A. Kebutuhan dasar :


• Lokasi, kalau bisa anda memilih lokasi dimana belum ada counter lain yang sudah ada. Anda bisa membuka ini dirumah anda atau memilih lokasi lain yang lebih strategis.


• Jenis pulsa ada 2, yaitu jenis pulsa electric dan voucher. Jika untuk voucher anda beli voucher langsung kea gen penjualan voucher agar harga masih relatif murah sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sedangkan jenis electric anda juga bisa membeli sim card langsung dari profidernya masing-masing agar harganya pun masih relative murah.


• Handphone, ini berfungsi untuk melakukan pengisian pulsa electric.


B. Persiapan :


Dalam membuka bisnis ini anda harus memilih lokasi yang strategis, usahakan tidak berdekatan dengan counter pulsa yang lain. Untuk langganan layani juga pembelian dalam bentuk sms apabila custumer sudah sering membeli pulsa di tempat anda. Untuk menambah penghasilan anda, anda juga bisa melakukan jual beli handphone karena untung yang dihasilkan pun cukup besar.


C. Proyeksi pendapatan :


Bisanya setiap kali melakukan pengisian ulang dari Rp. 5 ribu – Rp. 100 ribu anda bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp. 1 ribu – Rp. 5 ribu dalam setiap tansaksi yang anda lakukan.


D. Tingkat kesulitan :


Relatif mudah, tinggal bagaimana anda memilih lokasi dan harga yang bersaing.


Warnet


A. Kebutuhan dasar :


• Yang diperlukan untuk usaha ini adalah computer dengan kemampuanmemadai plus jaringan internetnya. Biaya satu unit computer rata-rata Rp. 5 jutaan. Sedangkan biaya untuk jaringan internet rata-rata mencapai Rp. 1 juta – Rp. 3 jutaan per bulan, tergantung jaringan apa yang mau anda pakai. Biaya pemasangan jaringan juga harus anda hitung benar-benar di awal.


• Perhitungkan biaya listrik dan telepon untuk jaringan jika anda berniat membuka usaha ini.


• Untuk menambah keuntungan anda juga bisa melayani pesanan download file ke CD, print atau menjual beberapa perlengkapan computer seperti flashdisk,dll.


• Karena biaya usaha ini cukup besar, anda juga bisa bekerja sama dengan rekanan anda dengan system bagi hasil.


B. Persiapan :


Selain mencari lokasi yang strategis di lokasi keramaian, anda juga bisa membuka usaha ini di sekitar kampus. Anda juga bisa menawarkan jasa sewa ini dengan menyebarkan brosur atau dengan menawarkan system paket.


C. Proyeksi pendapatan :


Harga sewa internet saat ini berkisar antara Rp. 3 ribu sampai Rp. 5 ribu per jam. Yang mahal jika anda membuka usaha ini di dalam mall karena biaya anda untuk menyewa tempat juga mahal.


Jika anda mau menambah pendapatan bisa juga dengan sedia minuman ringan seperti the botol, sprite, kopi sambil memberikan pelayanan terbaik untuk customer.


D. Tingkat kesulitan :


Relatif sedang , tergantung bagaimana anda mengelolanya.


Parfum isi ulang


A. Kebutuhan dasar :


• Untuk memulai bisnis ini anda bisa mengumpulkan botol parfum bekas untuk anda isi sesuai dengan wangi aslinya. Untuk mendapatkan wangi ini anda dapat membeli bahan dasar bibitnya di beberapa took pewangi yang ada di kota anda. Selain itu, anda juga bisa membeli botol kecil dengan isi 10 ml- 50 ml untuk menjual parfum bijian.


• Anda bisa membuka counter di lokasi keramaian atau di dalam mall tetapi sudah tentu biaya sewa di dalam mall pasti akan lebih mahal.


B. Persiapan :


Selain mencari lokasi yang strategis di pusat keramaian, ada juga bisa membuka layanan pesan antar dengan mengiklankannya di media cetak atau dengan menyebarkan brosur. Anda juga bisa membuka counter kecil di sekitar daerah yang banyak ditempati anak muda, karena biasanya merekalah target pasar dalam bidang parfum.


C. Proyeksi pendapatan :


Parfum isi ulang ini biasanya berkisar Rp. 10 ribu untuk isi 10 ml sampai Rp. 50 ribu untuk parfum isi 50 ml.


D. Tingkat kesulitan :


Relatif mudah, tergantung kita mengelolanya.






Distro


A. Kebutuhan dasar :


• Kata distro sendiri berasal dari singkatan distribution outlet yang berfungsi menerima titipan dari berbagai macam merek clothing local yang memproduksi sendiri produknya seperti t-shirt, kemeja, tas, dompet, jaket,dll.


• Anda juga perlu mengembangkan jaringan ke komunitas anak muda untuk mengetahui selera mereka.


• Anda juga bisa mebuka distro di lokasi keramaian dekat tempat nongkrong anak muda atau bisa juga di mulai dari rumah anda.


• Jangan takut apabila membuka usaha ini berdekatan dengan distro-distro yang lain, karena distro anda akan cepat lebih dikenal.


B. Persiapan :


Selain mencari lokasi yang strategis di keramaian, anda juga bisa menerima pesanan pembuatan barang tertentu seperti kaos atau gantungan kunci untuk komunitas tertentu.


C. Proyeksi pendapatan :


Harga barang produksi yang anda tawarkan sangat bergantung pada tingkat kesulitan pembuatan dan bahan yang digunakan. Makin bagus, sudah tentu makin mahal. Namaun anda juga bisa memperlakukan harga grosir untuk pesanan dengan jumlah tertentu. Untuk barang yang sifatnya titipan di took anda, anda bisa memperoleh keuntungan antara 10%-20%.


D. Tingkat kesulitan :


Relative sedang, tergantung bagaimana anda memasarkannya.






Cuci steam


A. Kebutuhan dasar :


• Siapkan lokasi yang cukup untuk menampung minimal 3-7 motor sekaligus. Kalau halaman dekat rumah anda tidak cukup anda bisa menyewa lokasi yang cukup strategis misalnya disekitar perumahan, sekolah atau kampus.


• Untuk membersihkan kendaraan ini anda membutuhkan alat steam yang berguna untuk menyembur air dengan kekuatan sembur tinggi untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau. Alat steam ini harganya berkisar antara Rp. 1 juta sampai Rp. 3 jutaan untuk yang ukuran besar.


• Peralatan cuci seperti sabun atau shampoo mobil, sikat, selang, semir ban, dll.


• Jangan lupa perhitungkan juga biaya listrik untuk pompa air yang mengisi penampungan.


• Karyawan minimal 1 orang untuk mebantu anda.


B. Persiapan :


Sebarnya usaha ini relatif tidak terlalu sulit untuk ditekuni, anda hanya perlu melakukan promosi dan pelayanan terbaik anda. Makin kinclong atau bersih kendaraan yang anda cuci biasanya orang pun makin percaya dengan usaha anda ini. Apalagi disaat sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis.


Tetapi untuk jasa pencucian ini anda perlu hati-hati, ada beberapa bagian kendaraan yang tidak boleh terkena air yang akan menyebabkan kendaraan sulit untuk dihidupkan.


C. Proyeksi pendapatan :


Rata-rata tarif cuci motor yang ada saat ini sekitar Rp. 6 ribu sampai Rp. 25 ribu untuk pencucian kinlong luar dan dalam alias salon motor. Anda juga bisa menyediakan aneka minuman ringan untuk menambah pendapatan anda.


D. Tingkat kesulitan :


Relatif musah, tinggal bagaimana anda memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer.






2 komentar:

sleepdeep mengatakan...

makasi infony mas ferry. saya jd berminat untuk coba. :LLLLL:

ferrystyle mengatakan...

silahkan saja mas, semua usaha itu tergantung bagaimana cara kita mengelola usaha itu sendiri.. trim's